Rabu, 28 Mei 2008

LULUSAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN BEKERJA DI JEPANG

Program Keahlian TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN (TPHPi) menerima taruna baru tahun ajaran 2009 - 2010, untuk dididik menjadi tenaga ahli :
  • Processing Fisheries Product sesuai Good Manufacturing Practice (GMP).
  • Quality Control fish and shrimp processing with Hazard Analisis Critical Control Point (HACCP) and Standart Sanitation Operating Procedure (SSOP).
  • Quality Analis fisheries product with skill of Microbiologi test, Antibiotic test, Chemical test, Proksimat test ( Uji protein, lemak, mineral)
KOMENTAR MEREKA YANG LULUS SELEKSI DARI TEE KAY CORP,Ltd JAPAN UNTUK BEKERJA PADA PERUSAHAAN PENGOLAHAN IKAN DI JEPANG.

Saya Alfi, angkatan I TPHPi SMKN 2 Turen. Saya lulus tahun ini, yaitu tahun 2009. Di awal saya sekolah pada jurusan ini, saya sempat ragu, apakah benar tenaga ahli pengolahan ikan sangat dibutuhkan perusahaan? Namun keraguan itu terjawab dengan datangnya Tee Kay Corp, Ltd dari Jepang bersama PT. Puji Utami, Jakarta menseleksi kami untuk direkrut bekerja di Jepang. Bahkan setelah 3 tahun di Jepang, dilanjutkan kuliah di IKOPIN Jakarta selama 1 tahun, saya bisa memperoleh ijazah S1. Alhamdulilah, meski sempat ragu, memang ini jurusan terbaik yang saya ketahui. Ternyata keraguan saya hanya karena info yang saya dapet tentang jurusan ini sedikit. Terimakasih.

Saya Prisma, juga dari angkatan I. Ya karena emang TPHPi SMK Negeri 2 Turen masih meluluskan 1 angkatan. Tapi prestasinya mengagumkan. Meski baru meluluskan 1 angkatan, 4 siswanya diterima bekerja di Jepang sebelum melaksanakan UNAS. Jadi UNAS april, seleksinya Februari. Gaji yang diterima di Jepang tahun pertama 60.000 yen/bulan (Rp.4,8 juta/bulan), tahun ke-2 80.000 yen/bulan ( Rp. 6,4 juta/bulan), tahun ke-3 90.000 yen/bulan (7,2 juta/bulan). Belum termasuk overtime rata-rata 20.000yen/bulan. Udah dapet duit banyak, pulang dapet gelar S1. Hebat donk TPHPi. Viva TPHPi.

Aku Ervani, juga angkatan 1 TPHPi. Awalnya aku cuma pengen beda milih TPHPi jadi jurusanku. Ternyata emang bener-bener beda. Prakerinnya di Balai Uji Mutu Perikanan Surabaya selama 2 bulan, dan di PT. Bumi Menara Internusa selama 2 bulan. Dan bener-bener sesuai sama yang diajarkan di skolah. Jadi ndak seperti jurusan lain yang kadang prakerinnya beda sama pelajarannya. Nggak ada ruginya milih TPHP di SMKN 2 Turen. Mau kerja ke Jepang, pilih sekolah ku. Mau kerja di Malaysia, pilih sekolah lain.

Hai. Aku Tri. Angkatan 1 juga. Sebelumnya makasih banget ma guru-guruku yang bimbing aku sampe bisa ketrima kerja ke Jepang. Banyak orang mengira TPHPi itu mirip Boga, ya nggak banget. Lha wong yang diajarkan tentang processing di perusahaan koq. Bangga rasanya di TPHPi. Prakteknya sering keluar. So temen-temen yang juga hobby traveling, pilih aja kayak pilihanku. Tentu saja Teknologi Pengolahan HAsil Perikanan di SMK Negeri 2 Turen.

perusahaan partner rekrutment lulusan dan praktek kerja industri :
PT. PUDJI UTAMI, JAKARTA
TEE KAY CORPORATION, Ltd JAPAN
PT. BUMI MENARA INTERNUSA, MALANG
PT. INTI LUHUR FUJA ABADI, PASURUAN
BALAI PENGUJIAN MUTU HASIL PERIKANAN, SURABAYA

untuk mengisi posisi :
Analis Laboratorium Analisa Mutu produk
Quality control
Quality Analis
Supervisor Produksi
pada perusahaan pengolahan hasil perikanan meliputi Pembekuan, Pengalengan, Irradiasi.

Persyaratan :
1. Lulusan setingkat SLTP
2. Umur tidak melebihi 18 tahun
3. tidak buta warna
4. mampu bekerja keras dan disiplin.


1 komentar:

sismawan mengatakan...

Wez... wez...tambah ship ae... :-) i like it...